ALL ABOUT LAMPUNG




SERBA-SERBI TRIVIAL DAERAH LAMPUNG

SIGER LAMPUNG





Teman-teman ada yang pernah lihat mahkota berwarna kuning yang biasa dipakai oleh pengantin perempuan Lampung? Atau kalian pernah melihat mahkota ini di tempat-tempat ramai yang ada di Lampung? Mahkota tersebut dinamakan Siger Lampung. Siger lampung adalah sebuah karya budaya yang terdiri dari dua kata, yaitu: Siger, dan Lampung. Siger adalah mahkota pengantin wanita Lampung berbentuk segitiga berwarna emas dan biasanya memiliki cabang berjumlah sembilan atau tujuh. Lampung, adalah sebuah provinsi yang berada paling selatan Pulau Sumatera. Ibukotanya, bernama Bandar Lampung. Provinsi ini memiliki 2 Kota dan 13 Kabupaten. Kota yang dimaksud adalah Kota Bandar Lampung dan Kota Metro.

Bentuk setiap lekukan di dalam atribut Siger menggambarkan filosofi terhadap falsafah hidup masyarakat Lampung. Falsafah tentang Juluk Adok atau pemberian gelar yang bertujuan bahwa setiap individu harus berperilaku sesuai dengan gelar yang disandangnya. Juluk Adok mengandung nilai bahwa masyarakat Lampung menjunjung tinggi rasa kebersamaan, gotong royong, ramah, dan terbuka. Lekukan pada Siger merepresentasikan tujuh tingkatan gelar di dalam adat Saibatin Lampung. Siger juga menggambarkan sembilan lekukan atau sembilan marga atau Siwo Megou dalam adat Pepadun Lampung.

Siger merupakan benda yang sangat umum di Lampung dan merupakan simbol khas daerah ini. Siger dibuat dari lempengan tembaga, kuningan, atau logam lain yang dicat dengan

warna emas. Siger biasanya digunakan oleh pengantin perempuan suku Lampung pada acara pernikahan ataupun acara adat budaya lainnya. Pada zaman dahulu, Siger dibuat dari emas asli dan dipakai oleh wanita Lampung. Tidak hanya sebagai mahkota pengantin, melainkan sebagai benda perhiasan yang dipakai sehari-hari. Saat ini penggunaan siger bukan hanya sebagai lambang kejayaan dan kekayaan. Dari bentuk mahkota. Siger kini mengambil konsep nilai feminisme dan ajaran agama Islam. Islam adalah agama dari sebagian besar masyarakat Suku Lampung. Agama Islam menyatakan bahwa laki-laki adalah pemimpin dalam rumah tangga. Perempuan lampung diibaratkan sebagai manajer yang mengatur segala sesuatu dalam rumah tangga. Bagi Masyarakat Lampung, perempuan sangat berperan dalam segala kegiatan. Di balik kelembutan perempuan, ada kerja keras, kemandirian. Kegigihan, inspirator, dan pendorong kemajuan pasangan hidupnya.


Saat ini, simbol siger telah diaplikasikan dalam berbagai bentuk. Simbol siger bisa ditemukan pada motif batik lampung, lukisan, logo, dan lain-lain. Simbol siger dapat ditemukan juga dalam bentuk tugu, menara, gapura, hiasan rumah, pagar, hingga bentuk aksesoris sep
erti gantungan kunci, lukisan, patung, dan boneka. Bentuk siger yang paling khas dan menjadi ikon Provinsi Lampung adalah Menara Siger yang berada tepat di titik 0 km Pulau Sumatera.


Keragaman budaya di Lampung melahirkan identitas budaya baru. Hal ini menjadi aspek positif karena dapat membantu terjadinya integrasi budaya. Hadirnya budaya baru juga bagian dari proses pengelolaan keragaman budaya. Budaya baru mendorong setiap generasi untuk mempelajari budaya lain terutama budaya berbeda dari orang tuanya. Integrasi budaya juga dapat melawan masuknya sisi gelap dari identitas budaya seperti perilaku etnosentrisme, rasisme, stereotip, dan prasangka. Keberhasilan dalam mengelola keragaman selain melahirkan budaya baru juga dapat menjadi pondasi dalam membangun kebhinekaan budaya. Perbedaan budaya yang disikapi sebagai bagian dari satu tubuh yakni masyarakat Lampung Sai atau Lampung Satu bersama-sama membangun dan mempertahankan Lampung sebagai wilayah multikultur.

Penulis : Alisya Ameridya Fisip UI 2019

Editor : Taufiq Ainun Najib



Daftar Pustaka


Kemdikbud RI. (2017, 15 Desember). Siger Lampung. Diakses dari https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbjabar/siger-lampung/

Hidayat, D., Kuswarno, E., Zubair, F., & Hafiar, H. (2017). Message platform atribut siger lampung di dalam kebhinekaan multikultur. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 91-101.

https://www.freepik.com/free-photos-vectors/character

https://kebudayaan.kemendikbud.go.id/lampung-sai-bumi-ruwai-jurai/

https:// blog.tigadaracatering.id/ragam-siger-budaya-lampung/

https://imgbin.com/png/sqTDNiRG/paper-texture-png

https://sinarogan-tabin.desa.id/batik-lampung-yang-mantap-dan-terima-pesanan-of-batik-lampung/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar